Pusat Bantuan
  • Tentang Trenin
  • Bergabung dan masuk
  • Panduan menggunakan Fitur Trenin.id
  • Pertemanan
  • Mengelola Akun
  • Privasi & Keamanan
  • Pembayaran
  • Pembelian/Penjualan
  • Keluhan
  • Pengembalian dan penarikan Dana
  • Melaporkan sesuatu
  • Hubungi

Apa itu Trenin dan apa bedanya dengan social media yang lainnya?

Sekarang belanja dan berbisnis di media sosial sudah 100 persen lebih aman. Trenin adalah media sosial untuk berbisnis dan berbelanja. Banyak orang menggunakan media social sebagai sarana berbelanja maupun berjualan, padahal di social media tidak disediakan system keamanan bertransaksi. Disini kami menghadirkan media sosial yang memiliki keamanan bertransaksi tanpa menghilangkan benefit yang didapat di media social lain. Bersosialisasi, berinteraksi sambil berbisnis dan berbelanja sekarang dipermudah dengan kehadiran Trenin.id!

Apa saja yang bisa dilakukan di Trenin.id?

  1. Berbagi momen layaknya di media social (upload status, foto dan lokasi)
  2. Mengumpulkan MOIN dari like yang kamu peroleh
  3. Cuci mata melihat-lihat update random dari store dan pengguna lainnya
  4. Melihat momen temanmu dan toko langgananmu di “Lobi”
  5. Berbelanja asik
  6. Berjualan asik
  7. Chatting

Apa keuntungan yang bisa didapat di Trenin.id?

Kamu bisa belanja DISKON bahkan GRATIS dengan EKSIS terus di Trenin.id, kamu bisa memiliki peluang bisnis di Trenin, tidak hanya itu, kamu juga bisa bersosialisasi dan chatting dengan teman-teman di Trenin.id.

Kenapa dengan eksis di Trenin.id bisa belanja GRATIS?

Yap, semakin kamu eksis di Trenin.id, maka semakin besar juga peluang kamu untuk belanja GRATIS. Gimana caranya? Kamu cukup dengan post foto/status/location kamu dan mendapat banyak SUKA dari teman-teman kamu dan dari banyak SUKA yang kamu dapat (MOIN) dengan MOIN itu kamu bisa mendapatkan diskon belanja bahkan belanja GRATIS.
 Kembali

Cara bergabung di www.trenin.id

  1. Buka www.trenin.id di browser kamu atau download aplikasi androidnya.
  2. Isi data nama depan/belakang, alamat email aktif, nomor ponsel aktif, kata sandi, dan pilih jenis kelamin.
  3. Klik Daftar.
  4. Kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui sms ke nomor ponsel yang sudah kamu daftarkan.
  5. Isi 4 digit kode verifikasi yang kamu dapat dari sms.
  6. Setelah itu kamu bisa upload foto profilmu dan pilih 3 hobi kamu supaya kami bisa memberikan kamu konten yang sesuai dengan hobi kamu di Trenin. Jika sudah, klik Selesai.
  7. Kamu berhasil membuat akun di Trenin.id. Nikmati kenyamanan dan fitur terbaru Trenin, hanya untukmu!

Cara verifikasi nomor Handphone

Verifikasi nomor ponsel bisa kamu lakukan setelah bergabung di Trenin.id. Kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS ke nomor ponsel yang telah kamu daftarkan.

Kenapa perlu verifikasi nomor Handphone?

Kamu perlu verifikasi nomor ponsel kamu agar data kamu tersimpan lengkap dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan (pemalsuan akun/Hack/Lupa password/E-mail) dan salah satu syarat untuk bergabung di Trenin.id

Cara masuk ke akun saya

  1. Di bagian atas kanan saat kamu masuk www.trenin.id, masukkan alamat E-mail yang telah kamu daftarkan di Trenin.id.
  2. Isi kata sandi.
  3. Pilih Masuk

Saya tidak bisa masuk

Ada beberapa kemungkinan yang membuat kamu tidak bisa masuk ke akun Trenin kamu:
  1. Kamu belum mengaktivasi nomor ponselmu
  2. Salah memasukkan kata sandi atau lupa kata sandi
    Jika kamu salah memasukkan kata sandi atau lupa kata sandimu, solusinya adalah pilih Lupa Kata Sandi? dibawah kolom isi Kata Sandi.
  3. Server Down
    Jika server down, silakan tunggu beberapa menit sampai server normal kembali.
  4. Disalahgunakan dengan pengguna lain.
    Kamu bisa menghubungi tim kami di halaman Bantuan. Kami akan membantu mengatasi masalah perihal masuk ke akunmu.

Saya lupa kata sandi

  1. Pilih Lupa Kata Sandi? Di bawah kolom kata sandi
  2. Masukkan email yang kamu pakai
  3. Jika akun kamu telah kami temukan pilih kirim dan kami akan mengirim link ke email Anda.
  4. Masukkan kata sandi yang telah kami kirimkan dan kamu dapat mengubah kembali kata sandi sesuai dengan keinginan kalian.

Cara keluar dari akun?

  1. Pilih ikon di kanan atas.
  2. Lalu pilih Keluar.

Bagaimana kalau account saya di hack orang tidak bertanggungjawab?

Kamu bisa langsung melaporkannya dengan menghubungi tim kami pada halaman Bantuan. Tim kami akan membantu Anda menangani masalah tersebut.

Apakah data saya aman di Trenin.id?

Data kamu yang tersimpan di Trenin.id aman, karena saat kamu melakukan sign-in kamu diminta untuk verifikasi nomor Handphone dan E-mail (jika kamu ingin membuka toko).
 Kembali

Cara berbagi Status

  1. Tulis status yang kamu inginkan di kolom Tulis Sesuatu yang terletak di
  2. Kamu juga bisa sekaligus berbagi foto dan lokasi.
  3. Lalu pilih Kirim.

Cara berbagi Foto

  1. Pilih ikon di atas kanan kolom tulis pesan
  2. Pilih foto yang ingin kamu bagikan dari file di layar kamu.
  3. Kamu juga bisa sekaligus berbagi status dan lokasi.
  4. Lalu pilih Kirim.

Cara berbagi Lokasi

  1. Pilih ikon di atas kanan kolom tulis status.
  2. Ketik lokasi di mana kamu berada sekarang, cari ,dan pilih lokasi di tempat kamu berada.
  3. Kamu juga bisa sekaligus berbagi status dan foto.
  4. Lalu pilih Kirim

Cara memakai Emoji atau Stiker

Klik di area kolom tulis status dan emoji akan muncul dibawah bagian dalam kolom tulis pesan.

Cara berbagi di aktivitas teman

  1. Masuk ke profil temanmu.
  2. di kolom status temanmu, kamu bisa berbagi status, foto, atau lokasi seperti berbagi aktivitas di profilmu sendiri.
  3. Setelah selesai, pilih Kirim

Cara menghapus post

  1. Pilih post kamu yang akan kamu hapus.
  2. Di sebelah kanan post kamu, pilih ikon, lalu pilihhapus post

Cara melaporkan post

  1. Pilih ikon di kanan atas pada post yang ingin kamu laporkan.
  2. Pilih laporkan post ini

Menyukai post

Pilih ikon hati di kanan bawah dari post yang ingin kamu sukai.

Mengomentari post

Pilih ikon hati di kanan bawah dari post yang ingin kamu berikan komentar.

Membagikan post

  1. Pilih ikon di kanan bawah di bawah post yang ingin kamu bagikan.
  2. Kamu bisa menambahkan status pada post yang ingin kamu bagikan.
  3. Setelah selesai, pilih Bagikan.
 Kembali

Lobi

Lobi merupakan halaman yang berisi seluruh aktivitas dari temanmu dan toko langgananmu. Kamu bisa berbagi status, foto, dan lokasi disini, serta memberikan suka, komentar, dan membagikan post dari teman atau toko langganmu.
Lobi bisa diakses saat kamu pertama masuk akun kamu, atau pilih tombol di menu sebelah kiri.
 Kembali

Cuci Mata

Cuci mata merupakan halaman yang berisi kumpulan foto-foto update dari pengguna Trenin lainnya dan toko-toko.
Cuci Mata bisa diakses dengan pilih bisa di menu samping kiri dan kamu bisa melihat update dari semua pengguna Trenin.id.
 Kembali

Aktivitas

Aktivitas berisi momen-momen yang sudah kamu post sebelumnya di halaman profil kamu. Disini kamu juga bisa berbagi status, foto, dan lokasi.

Foto

Foto berisi kumpulan foto-foto yang sudah kamu post sebelumnya.

Teman

Teman berisi daftar orang-orang yang sudah menjadi temanmu.
 Kembali

Penjelasan Toko Saya

Toko Saya merupakan halaman toko yang sudah kamu buat. Setiap akun hanya bisa membuka satu toko. Kamu bisa berjualan disini dengan mengupload produk-produk yang ingin kamu jual, mengedit keterangan produk, dan mengirim promo-promo ke pelangganmu dengan cara yang sama seperti berbagi status, foto, dan lokasi sebagai toko. Semua momen dan produk yang kamu post, akan muncul pada halaman Cuci Mata. Jadi tidak perlu mengeluarkan biaya untuk promosi toko kamu

Cara membuka Toko

  1. Pilih Toko Saya dibagian menu sebelah kiri saat kamu di Lobi.
  2. Pilih Buka Sekarang
  3. Isi lengkap data toko kamu mulai dari nama toko, url toko, alamat toko, metode pembayaran
  4. Pilih Metode Pembayaran yang akan dilakukan oleh toko kamu
  5. Pilih Buka Toko
  6. Masukkan deskripsi toko
  7. Pasang foto toko kamu di banner dan profil foto
  8. Kamu dapat menggunakan dan berjualan di Toko kamu

Aktivitas

  1. Pilih Toko Saya
  2. Pilih Aktivitas
  3. Kamu akan melihat semua aktivitas toko yang pernah kamu bagikan

Foto

  1. Pilih Toko Saya
  2. Pilih Foto
  3. Kamu akan melihat semua foto toko yang pernah kamu bagikan

Produk

  1. Pilih Toko Saya
  2. Pilih Produk
  3. Kamu akan melihat semua produk toko yang pernah kamu bagikan

Pelanggan

  1. Pilih Toko Saya
  2. Pilih Pelanggan
  3. Kamu akan melihat semua teman yang berlanggan di toko kamu
 Kembali

Pesan sesama pengguna

  1. Pilih pesan pada bagian kanan atas
  2. Jika kamu sudah mempunyai toko, pilih tab Sosial
  3. Lihat semua pesan.i
  4. Tulis pesan dan kirim

Pesan untuk Toko

  1. Pilih ikon pesan pada bagian menu kanan atas
  2. Pilih pesan yang ingin kamu balas, atau Lihat semua pesan.
  3. Sebagai toko, kamu tidak bisa memulai pesan, tetapi hanya bisa membalas pesan dari para pelanggan yang ingin bertanya seputar produk toko kamu.
  4. Balas pesan dan kirim

Cara menghapus pesan

  1. Cara menghapus percakapan
    1. Pilih percakapan antara temanmu atau toko.
    2. Di sisi kanan akan muncul kolom percakapan antara temanmu atau toko, lalu pilih ikon
    3. Pilih pesan yang ingin kamu hapus dibagian kiri desktop kamu
    4. Pilih tiga garis dibagian kanan atas
    5. Pilih hapus percakapan
  2. Cara menghapus kalimat pesan
    Menghapus kalimat pesan tidak dihapus secara permanen oleh sistem. Jadi jika kamu menghapus kalimat pesan kamu atau temanmu, tidak akan mempengaruhi pesan di akun temanmu. Pesan yang kamu hapus akan tetap terlihat di dalam pesan milik temanmu.
    1. Pilih percakapan antara temanmu atau toko
    2. Pilih kalimat pesan yang ingin kamu hapus, lalu pilih  dibawah kalimat pesan.

Cara melaporkan pesan

  1. Pilih percakapan antara temanmu atau toko.
  2. Di sisi kanan akan muncul kolom percakapan antara temanmu atau toko, lalu pilih
  3. Pilih laporkan spam
 Kembali

Bagaimana cara berbelanja di Trenin.id?

  1. Kamu bisa berbelanja melalui fitur Belanja kemudian menjelajahi kategori kategori unik yang sudah disiapkan oleh Trenin khusus untukmu!
  2. Fitur Cuci Mata juga bisa digunakan untuk mencari barang barang popular ataupun yang sesuai dengan minat pengguna.
  3. Anda juga bisa menggunakan kolom Pencarian untuk mencari nama toko maupun barang yang anda inginkan.
  4. Pengguna bisa memasukkan berbagai barang yang diinginkan kedalam Keranjang Belanja untuk kemudian memasuki proses pembayaran yang sudah diverifikasi keamanannya untuk kepentingan pengguna.
Langkah-langkah berbelanja di Trenin.id:
  1. Cari produk yang kamu inginkan melalu Tab Belanja (terletak di menu bagian kanan), Cuci mata (terletak di menu bagian kanan) atau di kolom Pencarian.
  2. Di halaman detail produk, ada 4 tombol yang bisa kamu lakukan setelah melihat produk, kamu bisa tambahkan ke Wishlist, Simpan ke Keranjang, Kirim Pesan kepada toko penjual, atau Beli Langsung.
  3. Jika kamu pilih Simpan ke Keranjang, kamu harus membuka Keranjang Belanja kamu yang terletak di menu atas. Lalu pilih Lanjutkan Pembayaran. Tentukan jumlah barang yang ingin kamu beli dan kamu bisa memberi catatan kepada penjual. Pilih Lanjutkan Pembayaran.
  4. Tentukan jumlah barang yang ingin kamu beli dan kamu bisa memberi catatan kepada penjual. Pilih Lanjutkan Pembayaran.
  5. Jika kamu belum memiliki alamat, kamu bisa menambah alamat dengan pilih Tambah Alamat Baru. Isi data alamat dengan lengkap dan benar. Lalu pilih kurir dan paket pengiriman. Setelah selesai pilih Lanjutkan Pembayaran.
  6. Pilih metode pembayaran (saat ini hanya tersedia ATM Transfer), lalu akan muncul Nomor Rekening Bersama Trenin.id. Catat nomor rekening untuk transfer dari ATM. Lalu pilih Proses Pembayaran.
  7. Akan muncul nominal yang harus kamu bayar dengan kode unik dibelakangnya. Jika sudah melakukan pembayaran lalu pilih Konfirmasi Pembayaran. Jika kamu sudah menutup halaman ini, kamu bisa melakukan konfirmasi pembayaran di menu Pembelian dengan pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian . Lalu di tab Konfirmasi Pembayaran, pilih list yang ingin kamu konfirmasi.
  8. Untuk mengkonfirmasi, isi data transfer dengan lengkap dan benar dan unggah bukti transfer. Lalu pilih Konfirmasi Pembayaran.
  9. Pembelian kamu berhasil dan selanjutnya kamu tinggal menunggu sampai pesanan kamu datang.

Memilih kategori belanja

Saat kamu masuk ke halaman Belanja, terdapat beberapa fitur yang sudah disediakan oleh Trenin.id yaitu Rumah Tangga, Mainan & Hobi, Peralatan Kantor, Handphone & Tablet, Komputer & Laptop, Kamera, Kerajinan Tangan & Souvenir, Elektronik, Fashion Wanita, Fashion Pria, Kecantikan, Kesehatan, Bayi.

Melihat produk

  1. Pilih Belanja di sisi kiri layar kamu
  2. Pilih kategori produk yang ingin kamu lihat/beli
  3. Akan muncul list-list produk setelah kamu memilih kategori, lalu pilih Lihat.

Memasukkan ke keranjang belanja

  1. Pilih Belanja di sisi kiri layar kamu
  2. Pilih kategori dan sub kategori dari produk yang kamu inginkan
  3. Pilih keranjang untuk menambah belanjaan yang ingin kamu beli/
 Kembali

Cara menambah produk

  1. Pilih Toko Saya di menu bagian kiri
  2. Pilih simbol tanda tambah di menu sebelah kiri atau kamu bisa ke tab Aktivitas, lalu pilih Tambah Produk di kolom status.
  3. Isi nama produk, harga, berat, dimensi, kategori, kondisi produk yang ingin dijual.
  4. Gunakan Fitur Promosi dan Grosir (jika dibutuhkan)
  5. Masukkan foto dan deskripsi foto
  6. Pilih Simpan Gambar
  7. Pilih Simpan Produk

Cara menerima pesanan

  1. Masuk ke toko kamu
  2. Masuk ke Penjualan
  3. Pilih Pesanan Masuk

Kirim Pesanan

Setelah kamu mengirim barang lewat kurir yang dipilih, kamu harus mengkonfirmasi pengiriman dan memasukkan resi pengirimin di tab Lacak Pengiriman. Masukkan resi lalu pilih Konfirmasi Pengiriman .

Terima dana hasil penjualan

Dana akan masuk ke Dompet setelah pembeli menerima dan mengkonfirmasi pesanan. Pesanan akan dianggap selesai jika pembeli tidak melakukan konfirmasi dari jangka waktu yang ditentukan.

Biaya Potongan

Normalnya setiap transaksi dikenakan biaya potongan 5% untuk penjual. Tetapi untuk sekarang ini, tidak dikenakan biaya potongan apapun.
 Kembali

Cara membeli produk

Kamu bisa berbelanja melalui fitur Belanja kemudian menjelajahi kategori-kategori unik yang sudah disiapkan oleh Trenin khusus untukmu! Fitur Cuci Mata juga bisa digunakan untuk mencari barang barang popular ataupun yang sesuai dengan minat pengguna. Anda juga bisa menggunakan kolom Pencarian untuk mencari nama toko maupun barang yang anda inginkan.
Langkah-langkah berbelanja di Trenin.id:
  1. Cari produk yang kamu inginkan melalu Tab Belanja (terletak di menu bagian kanan), Cuci mata (terletak di menu bagian kanan) atau di kolom pencarian
  2. Di halaman detail produk, ada 4 tombol yang bisa kamu lakukan setelah melihat produk, kamu bisa tambahkan ke Wishlist, Simpan ke Keranjang, Kirim Pesan kepada toko penjual, atau Beli Langsung.
  3. Jika kamu pilih Simpan ke Keranjang, kamu harus membuka Keranjang Belanja kamu yang terletak di menu atas. Lalu pilih Lanjutkan Pembayaran.
  4. Konfirmasi Pembelian
    1. Dalam menu pembayaran, masukan jumlah barang yang ingin dibeli dengan klik tanda (+) untuk menambah kuantitas barang dan tanda (-) untuk mengurangi kuantitas barang.
    2. Berikan Catatan Untuk Penjual (jika diperlukan)
    3. Pilih Lanjutkan ke Pengiriman untuk ke tahap selanjutnya
  5. Konfirmasi Alamat Pengiriman
    1. Masukkan alamat lengkap untuk data pengiriman barang yang kamu pesan.
    2. Pilih Kurir Pengiriman yang akan kamu gunakan
    3. Pilih Lanjutkan ke Pembayaran untuk ke tahap selanjutnya
  6. Konfirmasi Pembayaran
    Akan muncul nominal yang harus kamu bayar dengan kode unik dibelakangnya. Jika sudah melakukan pembayaran lalu pilih Konfirmasi Pembayaran.
    Jika kamu sudah menutup halaman ini, kamu bisa melakukan konfirmasi pembayaran di menu Pembelian dengan pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian. Lalu di tab Konfirmasi Pembayaran, pilih list yang ingin kamu konfirmasi.
    Untuk mengkonfirmasi, Isi Tanggal Pembayaran, pilih rekening tujuan, masukkan nominal transfer, pilih Unggah Berkas, dan Konfirmasi Pembayaran.
  7. Pembelian kamu berhasil dan selanjutnya kamu tinggal menunggu sampai pesanan kamu datang.

Keranjang Belanja

  1. Cari produk yang kamu ingin kan di tab Belanja, Cuci Mata, atau kolom Pencarian.
  2. Pilih Lihat pada produk tersebut.
  3. Pilih Simpan ke Keranjang

Wishlist

Wishlist bisa kamu akses dari menu profile di bagian atas lalu pilih Wishlist.
Cara Memasukkan produk ke Wishlist:
  1. Cari produk yang kamu ingin kan di tab Belanja, Cuci Mata, atau kolom Pencarian.
  2. Pilih lihat pada produk tersebut.
  3. Pilih Tambah ke Wishlist.
 Kembali

Cara menambah nomor rekening

  1. Pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian
  2. Klik Tambah Nomor Rekening dan masukan data rekening kamu.
  3. Pilih Tambah

Cara melihat Daftar Transaksi

  1. Buka menu Keranjang dari menu Profil pada header situs.
  2. Pilih Dompet pada sisi kiri desktop kamu
  3. Klik Rincian Transaksi
  4. Masukkan bulan dan tahun awal transaksi hingga akhir transaksi

Cara menarik dana

  1. Buka menu Keranjang dari menu Profil pada header situs.
  2. Pilih Dompet pada sisi kiri desktop kamu
  3. Di sana kamu bisa melihat jumlah saldo dompet kamu.
  4. Klik tambah nomor rekening dan masukan data rekening kamu.
  5. Klik Tarik dana
 Kembali

Penjelasan DIGICash

DIGICASH adalah uang digital yang kita dapat ketika user yang kita rekomendasikan berbelanja di Trenin.id dan bisa kita gunakan untuk berbelanja APAPUN di Trenin.id. Mata uang digicash adalah rupiah sama seperti uang di dompet, tetapi bedanya adalah kita tidak bisa menarik dana dari DIGIcash. Uang ini hanya bisa dipakai untuk berbelanja di Trenin.id.

Bagaimana caranya merekomendasikan teman?

Dengan cara share link Trenin di social media kamu yang lain seperti fb, twitter, path, dll. Saat teman kamu di social media tersebut klik link tersebut dan daftar, setiap saat teman kamu itu belanja, kamu selalu mendapatkan komisi dalam bentuk DIGIcash.

Berapakah nilai DIGIcash kalau dirupiahkan?

Setiap teman yang kamu rekomendasikan dan berbelanja, kamu akan mendapat 1% dari total transaksi pembelanjaan oleh teman kamu.
 Kembali

MOIN

Kamu bisa mendapatkan MOIN dari jumlah SUKA yang kamu dapat ketika kamu Update foto, status, dan lokasi. Jika kamu mendapatkan Min. 10 SUKA, maka kamu akan mendapatkan 1 MOIN.

Dengan eksis di Trenin.id dan mendapatkan MOIN, apakah saya bisa belanja GRATIS barang yang saya mau?

Pengguna harus mendapatkan minimum 10 like dalam 1 post untuk mendapatkan 1 MOIN dan berlaku kelipatannya. Setelah terkumpul, pengguna bisa menggunakan MOIN untuk berbelanja berbagai barang yang ada di kategori Trenin dengan nilai MOIN yang nilainya sudah ditentukan oleh penjual masing masing. Setiap penjual bebas menentukan nilai tukar MOIN yang dia mau dengan berupa potongan harga bahkan GRATIS.

Kenapa saya tidak bisa menggunakan MOIN saya?

kemungkinan MOIN pengguna tidak cukup atau penjual tidak memberikan promo MOIN.

Apakah MOIN bisa dihibahkan ke pengguna lain?

MOIN yang kamu dapat akan menjadi milik kamu sepenuhnya tetapi tidak bisa dihibahkan ke pengguna lain.

Apakah MOIN bisa hangus & ada masa berlaku?

MOIN tidak memiliki masa hangus ataupun masa berlaku. MOIN akan selalu permanen berada di akun pengguna secara ekslusif.
 Kembali

Cara mencari teman

  1. Di Kolom Pencarian bagian atas, tulis nama teman yang ingin kamu cari.
  2. Pilih tab Teman
  3. Pilih Tambah Teman jika sudah menemukan teman kamu.

Cara mencari toko

  1. Di Kolom Pencarian bagian atas, tulis nama teman yang ingin kamu cari.
  2. Pilih tab Toko
  3. Pilih Nama Toko tersebut untuk melihat produk-produk yang dijual
  4. Pilih Menjadi Pelanggan dibawah nama toko supaya kamu mendapatkan update terbaru tentang produk dan promo dari toko tersebut.

Cara mencari produk

  1. Di Kolom Pencarian bagian atas, tulis nama teman yang ingin kamu cari.
  2. Pilih tab Produk
  3. Pilih produk yang kamu inginkan, lalu pilih Lihat
 Kembali

Tambah Teman

  1. Cari orang di kolom Pencarian atau masuk ke profil orang tersebut.
  2. Lalu pilih Tambah Teman di bawah nama temanmu.

Berhenti Berteman

  1. Cari teman yang dituju, kamu bisa mencari temanmu dari list teman profilmu atau di kolom pencarian.
  2. Lalu pilih tombol, lalu pilih Berhenti Berteman.

Menerima Pertemanan

  1. Pilih ikon Pertemanan di menu atas.
  2. Pilih ikon centang untuk menerima pertemanan

Berlangganan Toko

  1. Pilih toko yang dituju di kolom Pencarian atau masuk ke profil toko tersebut.
  2. Pilih Menjadi Pelangganan dibawah nama toko tersebut.

Berhenti Berlangganan

  1. Pilih toko yang dituju di kolom Pencarian atau masuk ke profil toko tersebut.
  2. Pilih tombol, lalu pilih Berhenti Berlangganan
 Kembali

Ubah foto profil dan foto sampul

  1. Pilih di menu atas
  2. Pilih Pengaturan
  3. Pilih Cari Gambar di foto profil untuk mengubah foto profil kamu
  4. Pilih Cari Gambar di foto cover untuk mengubah foto cover kamu

Ubah Nama Lengkap

  1. Pilih di menu atas
  2. Pilih Pengaturan
  3. Pilih di sebelah kanan Nama Lengkap
  4. Ubah nama depan dan nama belakang lalu pilih Simpan

Ubah Nama Alias

  1. Pilih di menu atas
  2. Pilih Pengaturan
  3. Pilih di sebelah kanan Alias
  4. Ubah alias lalu pilih Simpan

Tambah Alamat

  1. Pilih di menu atas
  2. Pilih Pengaturan
  3. Pilih ikon Pen di sebelah kanan Alamat
  4. Pilih Tambah Alamat Baru untuk memasukkan alamat baru
  5. Isi lengkap data alamat baru kamu dan pilih Tambah
  6. Pilih Simpan untuk menyimpan data alamat kamu

Hapus Alamat

  1. Pilih di menu atas
  2. Pilih Pengaturan
  3. Pilih ikon di sebelah kanan Alamat
  4. Pilih Hapus, lalu alamat kamu akan terhapus.

Ubah nomor handphone

  1. Pilih ikon Pen di kanan bagian Nomor Handphone
  2. Masukkan Nomor Handphone Baru kamu
  3. Masukkan Password
  4. Pilih Ganti Nomor Handphone
  5. Lalu masukkan 4 digit angka yang kamu terima melalu SMS di nomor handphone.
  6. Lalu Simpan.

Ubah kata sandi

  1. Pilih ikon Pen di kanan bagian Ubah Password
  2. Masukkan Kata Sandi Sekarang
  3. Masukkan Kata Sandi Baru
  4. Masukkan kembali Kata Sandi Baru
  5. Pilih Simpan
 Kembali

Ubah Deskripsi toko

  1. Pilih di menu atas
  2. Pilih Pengaturan
  3. Pilih tab Toko Saya di menu sebelah kiri.
  4. Masukkan Deskripsi Toko yang kamu ingin kan
  5. Pilih Simpan Deskripsi

foto profil toko dan foto sampul toko

  1. Pilih Pengaturan di menu atas
  2. Pilih Pengaturan
  3. Pilih tab Toko Saya di menu sebelah kiri.
  4. Pilih Cari Gambar di foto profil untuk mengubah foto profil toko kamu
  5. Pilih Cari Gambar di foto cover untuk mengubah foto cover toko kamu

Ubah Nama toko

  1. Pilih Pengaturan di menu atas
  2. Pilih Pengaturan.
  3. Pilih tab Toko Saya di menu sebelah kiri.
  4. Pilih Pengaturan di bagian kanan sebelah tab Profil
  5. Ubah Nama Toko yang kamu ingin kan
  6. Lalu pilih Simpan.

Ubah Url toko

  1. Pilih Pengaturan di menu atas
  2. Pilih Pengaturan
  3. Pilih tab Toko Saya di menu sebelah kiri.
  4. Pilih Pengaturan di kanan sebelah kanan dari Profil
  5. Ubah Url Toko sesuai keinginan kamu. url toko maksimal 16 karakter dalam bentuk huruf kecil, angka, dan tanda "_", tanpa spasi.
    contoh : mall_internet, belanja_cepat, atau belanja_aman.
  6. Lalu pilih Simpan

Fitur retur

  1. Pilih Pengaturan di menu atas
  2. Pilih Pengaturan.
  3. Pilih tab Toko Saya di menu sebelah kiri.
  4. Pilih Pengaturan di bagian kanan sebelah tab Profil
  5. Pilih Ya untuk menggunakan fitur retur dan Tidak untuk tidak menggunakan fitur retur
  6. Lalu pilih Simpan

Ubah Alamat toko

  1. Pilih Pengaturan di menu atas
  2. Pilih Pengaturan.
  3. Pilih tab Toko Saya di menu sebelah kiri.
  4. Pilih Pengaturan di bagian kanan sebelah tab Profil
  5. Ubah Alamat Toko sesuai dengan lokasi toko kamu.
  6. Lalu pilih Simpan

Metode pengiriman

  1. Pilih Pengaturan di menu atas
  2. Pilih Pengaturan.
  3. Pilih tab Toko Saya di menu sebelah kiri.
  4. Pilih Pengaturan di bagian kanan sebelah tab Profil
  5. Pilih dan Aktifkan Metode Pengiriman yang Tersedia di Wilayah Anda
  6. Lalu pilih Simpan
 Kembali

Mengatur Siapa yang bisa melihat profil Anda

  1. Pilih Pengaturan di menu atas
  2. Pilih Pengaturan.
  3. Pilih tab Privasi di menu sebelah kiri.
  4. Pilih dan Aktivitas, Foto, daftar Teman, Privasi Nomor Handphone, dan Privasi Tanggal Lahir. Pilih untuk mengubah apakah Publik, Teman atau Pribadi.
  5. Lalu pilih Simpan

Kebijakan Privasi

 Kembali

Metode pembayaran via Transfer

Setelah memilih produk yang kamu ingini dan ingin melanjutkan pembayaran, kamu bisa memilih metode pembayaran yang akan kamu lakukan.
  1. Pilih produk yang akan dibeli lalu masukkan ke keranjang belanja.
  2. Ikuti langkah-langkah berbelanja di Trenin.id.
  3. Saat sudah sampai di halaman metode pembayaran, lalu pilih Bank Transfer (saat ini hanya terserdia pilihan metode pembayaran Bank Transfer)
  4. Selanjutnya akan muncul informasi RekBer (Rekening Bersama) di Trenin.id, dicatat, dan akan di lanjutkan ke proses berikutnya, yaitu Proses Pembayaran.
  5. Jika sudah melakukan pembayaran, kamu harus melakukan Konfirmasi Pembayaran dengan mengisi data transfer dan mengunggah bukti transfer.

Nomor rekening Trenin.id

  1. Bank BCA Cabang Supermall Karawaci 761-00060-760 a.n. PT. Trenin Indonesia Jaya
  2. Bank Mandiri Cabang Supermall Karawaci 176-0016-777888 a.n. PT. Trenin Indonesia Jaya

Konfirmasi dan verifikasi pembayaran

  1. Ikuti langkah-langkah berbelanja di Trenin.id
  2. Jika sudah membayar, kamu harus mengkonfirmasi pembayaran agar pesanan dikonfirmasi dan disampaikan pada toko. Pilih menu Pembelian dengan pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian
  3. Lalu di tab Konfirmasi Pembayaran, pilih list yang ingin kamu konfirmasi.
  4. Untuk mengkonfirmasi, Isi Tanggal Pembayaran, pilih rekening tujuan, masukkan nominal transfer, pilih Unggah Berkas, dan Konfirmasi Pembayaran.

Cara menggunakan MOIN

MOIN akan terpotong langsung jika kamu memilih pembayaran dengan MOIN sesuai dengan ketentuan dari penjual produk yang kamu beli.

Cara menggunakan DIGICASH

DIGICash akan terpotong langsung saat melakukan pembayaran jika kamu memilih pembayaran dengan DIGICash.

Pembayaran yang ditransfer kurang atau lebih

Jika pembayaran yang kamu lakukan kurang dari nominal yang harus ditransfer, maka admin Trenin.id akan menolak pembayaran tersebut dan mengembalikan uang ke saldo dompet kamu. Jika pembayaran yang kamu lakukan melebihi dari nominal yang harus di transfer, maka kelebihan uang akan dikembalikan ke saldo dompet kamu.
 Kembali

Berapa ongkos kirim

Untuk ongkos kirim di tentukan dari jarak dan lokasi pengiriman, agen logistik dan paket yang dipilih, dan beratnya paket

Cara pantau status pemesanan

  1. Pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian
  2. Pilih tab Status Pemesanan
  3. Kamu bisa menyaring list status pesanan kamu atau mencari transaksi kamu.

Cara konfirmasi pesanan diterima

  1. Pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian
  2. Pilih tab Konfirmasi Barang Pesanan
  3. Kamu bisa mencari dengan memasukkan Invoice, Nama Penjual, dan Nomor Resi.
  4. Pilih Konfirmasi

Pesanan belum sampai

  1. Dari kecepatan proses pesanan dari penjual.
  2. Seberapa aktif penjual dan seberapa cepat agen logistik melakukan pengiriman.
  3. Jika penjual tidak merepson pesanan setelah 4 hari, dan tidak memasukkan nomor resi setelah 4 hari pembayaran diverifikasi, maka dana pembayaran akan kembali sepenuhnya ke dompet pembeli.

Penjual menggunakan kurir berbeda dengan ongkos kirim berbeda

Jika penjual menggunakan kurir dengan harga yang lebih murah, kelebihan dana otomatis akan kembali ke dompet pembeli setelah status transaksi selesai. Sedangkan, jika penjual menggunakan kurir dengan harga yang lebih mahal, kekurangan ongkos akan ditanggung oleh pihak penjual.

Barang yang diterima kurang/tidak sesuai/cacat/dll

Jika barang yang diterima ada yang kurang/tidak sesuai/ cacat, maka kamu bisa mengajukan keluhan kepada penjual dengan cara:
  1. Jika kamu sudah melakukan pembelian produk dan barang kamu terima, maka kamu harus mengkonfirmasi barang pesanan. pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian
  2. Pilih tab Konfirmasi Barang Pesanan.
  3. Keluhan. Pilih Keluhan.
  4. Lalu tulis pesan kepada penjual mengenai keluhan kamu terhadap barang yang kamu terima
  5. Pilih solusi yang ingin kamu ajukan.
  6. Pilih Kirim.

Cara membatalkan pesanan

Kamu dapat membatalkan pesanan jika kamu belum melakukan Konfirmasi Pembayaran. Caranya:
  1. Jika kamu sudah memesan barang tetapi kamu belum mengkonfirmasi pembayaran, kamu bisa melakukan pembatalan pesanan. pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian.
  2. Pilih tab Konfirmasi Pembayaran.
  3. Pilih Batal di bawah total tagihan untuk membatalkan pesanan.

Pesanan dibatalkan, uang kembali

Jika kamu sudah membatalkan pesanan tetapi kamu sudah melakukan transfer ke rekening Trenin.id, maka uang tersebut akan dikembalikan ke dompet kamu dan kamu bisa melakukan tarik dana

Pesanan otomatis dibatalkan

Pesanan otomatis dibatalkan jika:
  1. Uang yang kamu transfer kurang dari nominal yang harus di transfer
  2. Penjual menolak pesanan kamu

Cara melihat daftar transaksi

  1. pilih menu profile di bagian atas, lalu pilih Pembelian
  2. Pilih tab Daftar Transaksi

Memberi ulasan pada penjual

  1. pilih menu profile di bagian atas, lalu pilih Pembelian
  2. Pilih Ulasan Produk dan beri bintang berikut dengan ulasan pada produk yang kamu beli dan terima.

Tambah daftar alamat tujuan

  1. Pilih Pengaturan di menu atas
  2. Pilih Pengaturan.
  3. Pilih ikon di sebelah kanan Alamat.
  4. Pilih Tambah Alamat Baru Isi lengkap data alamat baru kamu dan pilih Tambah.
  5. Pilih Simpan untuk menyimpan data alamat kamu
 Kembali

Cara memproses pesanan

  1. Pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian
  2. Pilih tab Pesanan Masuk di bagian kiri
  3. Pilih pesanan lalu pilih Terima Pesanan lalu pilih Konfirmasi Pesanan
  4. Pilih Cetak Invoice jika kamu ingin mencetak invoice atau pilih Cetak Label Alamat jika kamu ingin mencetak label alamat pengiriman, atau pilih Lanjutkan jika sudah selesai.
  5. Setelah kamu mengirim barang lewat kurir yang dipilih, kamu harus mengkonfirmasi pengiriman dan memasukkan resi pengirimin di tab Lacak Pengiriman. Masukkan resi lalu pilih Konfirmasi Pengiriman.

Batas waktu konfirmasi pesanan dan kirim pesanan

Untuk respon konfirmasi pesanan dilakukan maksimal 4 hari dari tanggal pesanan masuk.
Kirim pesanan dan input nomor resi dilakukan maksimal 4 hari dari tanggal pesanan masuk

Cara pantau status pengiriman

Setelah mengkonfirmasi pengiriman, kamu bisa memantau status pengiriman dengan cara:
  1. Pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian
  2. Pilih tab lacak Pengiriman
  3. Pilih pesanan lalu pilih Lacak Pesanan.

Produk yang dipesan ternyata habis stock

Jika barang habis, sebaiknya tolak pesanan agar tidak mengecewakan pembeli serta dana akan langsung dikembalikan kepada pembeli.

Apakah bisa pengiriman dilakukan dengan kurir lain

Kamu bisa menggunakan kurir lain dari pihak pembeli. Jika ongkos kirim baru lebih mahal ongkos kirim sebelumnya, maka sebagai penjual kamu harus membayar kelebihan biaya ongkos, jadi tidak dibebankan kepada pembeli.

Cara mengubah nomor resi/jasa pengiriman

  1. Pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian
  2. Pilih tab Konfirmasi Pengiriman di bagian kiri.
  3. Pilih Ubah Kurir Pengiriman.

Cara menolak pesanan dari pembeli

  1. Pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian
  2. Pilih tab Pesanan Masuk
  3. Pilih pesanan lalu pilih Tolak Pesanan

Pesanan sudah dikirim tetapi lupa konfirmasi pengiriman

Jika kamu tidak melakukan konfirmasi pengiriman dan input resi dalam waktu 4 hari, maka pesanan otomatis dibatalkan. Silakan ikuti panduan berikut jika kamu lupa melakukan konfirmasi tapi pesanan sudah dikirim.
Pesanan Belum dibatalkan
Segera lakukan konfirmasi pengiriman agar pembeli dapat melacak pesanan dan melakukan konfirmasi saat pesanan telah sampai.
Pesanan Sudah dibatalkan
Hubungi pembeli melalui kirim pesan agar pembeli dapat melakukan pesan ulang. Saat pembeli telah melakukan pesan ulang, silakan proses pesanan dan lakukan konfirmasi pengiriman dengan mengisi data pengiriman yang telah kamu lakukan sebelumnya. Jika pembeli tidak merespon pesan, silakan hubungi Customer Care Trenin.id agar dapat membantu menyelesaikan kendala ini.

Jika pembeli lupa konfirmasi pesanan yang sudah diterima, bagaimana toko menerima dana penjualan?

Jika pembeli lupa konfirmasi pesanan dari waktu yang ditentukan, maka pesanan akan dianggap sudah diterima oleh pembeli dan toko tetap akan menerima dana penjualan.
 Kembali

Jasa kurir di Trenin.id

Di Trenin.id menyediakan jasa TIKI, JNE, RPX Holding, Priority Cargo & packed
 Kembali

Nomor resi tidak dapat dilacak

Beberapa kemungkinan nomor resi tidak bisa dilacak:
  1. Pihak agen logistik belum memperbaharui data resi pada sistemnya.
  2. Agen logistik yang digunakan penjual tidak sesuai denganpilihan pembeli.
  3. Penjual salah memasukkan nomor resi.
 Kembali

Cara mengajukan keluhan umum

  1. Pilih ikon Pengaturan pada menu atas kanan layar kamu
  2. Pilih Bantuan
  3. Masukan nama Anda, alamat E-mail, dan pesan yang ingin kamu sampaikan kepada Customer Service Trenin.id, dan pilih Kirim.
 Kembali

Pengembalian Dana

Pengembalian dana dilakukan jika kamu sebagai pembeli mengajukan keluhan dari produk yang diterima dan meminta solusi untuk meretur barang dan dana dikembalikan.

Cara tarik dana dari dompet Trenin

  1. Pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Dompet
  2. Pilih Tarik Dana.
  3. Akan muncul pop up formulir yang harus kamu isi
    1. Dana yang akan dicairkan: jumlah dana yang ingin kamu cairkan
    2. Nomor Rekening: nomor rekening kamu sebagai nomor tujuan transfer. Jika kamu belum mempunyai rekening, maka pilih Tambah Rekening. Lalu isi Nama Pemilik Rekening, Nomor Rekening, Nama Bank, Cabang.
  4. Pilih Kirim Kode yang akan dikirimkan ke nomor handphone kamu.
  5. Isi 4 digit kode verifikasi.
  6. Pilih Tarik Dana.

Jangka waktu dana masuk rekening

Untuk penarikan dana ke rekening tujuan maksimal 5 hari kerja.
Hari Sabtu/Minggu/libur bank tidak beroperasi, jadi penarikan dana baru akan diproses oleh bank bersangkutan di hari kerja berikutnya.

Salah memasukkan data rekening

Jika permintaan tarik dana sudah diproses dan diteruskan ke bank terkait, kamu TIDAK BISA membatalkannya lewat website. Jika memang ada data yang salah, bank akan menolak penarikan dana tersebut dan dana akan dikembalikan ke Saldo Trenin kamu.
Kamu bisa langsung menghubungi Customer Care Trenin untuk membatalkan proses tarik dana. Setelah tarik dana dibatalkan, lakukan tarik dana ulang dengan memasukkan data yang benar.

Kode verifikasi

kode verifikasi digunakan untuk memastikan penarikan dana benar dilakukan oleh pemilik akun. Kode verifikasi juga dibutuhkan saat kamu mendaftar di Trenin.id, ganti nomor ponsel dan melakukan penarikan dana.
 Kembali

Melaporkan Sesuatu

  1. Pilih tiga titik di kanan atas pada post yang ingin kamu laporkan,
  2. Pilih laporkan post ini.

Lapor pesan pribadi

  1. Pilih Pesan di kanan atas
  2. Pilih Tiga garis di kanan atas pada pesan yang ingin kamu laporkan,
  3. Pilih laporkan spam.
 Kembali

Hubungi Tim Support Kami

Jika memiliki pertanyaan seputar Trenin.id, pilih Bantuan. Isi nama, alamat email dan isi pertanyaan kamu. Lalu pilih Kirim.
 Kembali

Cara mengajukan keluhan pada produk yang diterima

  1. Jika kamu sudah melakukan pembelian produk dan barang kamu terima, maka kamu harus mengkonfirmasi barang pesanan. pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian
  2. Pilih tab Konfirmasi Barang Pesanan.
  3. Cari barang yang ingin kamu konfirmasi. Kamu akan mendapat pilihan Konfirmasi atau Keluhan. Pilih Keluhan.
  4. Lalu tulis pesan kepada penjual mengenai keluhan kamu terhadap barang yang kamu terima.
  5. Pilih solusi yang ingin kamu ajukan.
  6. Pilih Kirim.

Cara membatalkan keluhan

  1. Jika kamu sudah melakukan pembelian produk dan barang kamu terima, maka kamu harus mengkonfirmasi barang pesanan. pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian
  2. Pilih tab Daftar Transaksi.
  3. Pilih pesanan kamu lalu pilih Batal Retur.

Solusi dari keluhan

  1. Solusi retur barang dan tukar barang
    Salah satu solusi dari keluhan adalah retur barang lalu meminta penjual untuk tukar barang. Pilih Tukar Barang saat melakukan keluhan lalu penjual akan otomatis menerima keluhan dari kamu.
  2. Solusi retur barang dan refund
    Salah satu solusi dari keluhan adalah retur barang dan refund. Jadi danamu akan kembali ke dompet jika kamu ingin refund. Pilih Barang saat melakukan keluhan lalu penjual akan otomatis menerima keluhan dari kamu.
  3. Konfirmasi solusi.
    1. Solusi Retur Barang dan Refund
      1. Jika kamu sudah melakukan pembelian produk dan barang kamu terima, maka kamu harus mengkonfirmasi barang pesanan.
      2. Pilih tab Daftar Transaksi.
      3. Masukan jumlah barang yang ingin kamu retur.
      4. Lalu pilih Konfirmasi Barang Retur.
      5. Kamu akan diminta meretur barang dengan mengirimkannya kembali lewat kurir. Lalu kamu akan diminta memasukkan nomor resi dan kurir yang kamu gunakan.
      6. Pilih Konfirmasi Pengiriman.
      7. Setelah barang sampai ke penjual dan penjual mengkonfirmasi, maka danamu akan dikembalikan ke saldo dompet kamu.
    2. Solusi Retur Barang dan ditukar
      1. Jika kamu sudah melakukan pembelian produk dan barang kamu terima, maka kamu harus mengkonfirmasi barang pesanan.
      2. Pilih tab Daftar Transaksi.
      3. Masukan jumlah barang yang ingin kamu retur.
      4. Lalu pilih Konfirmasi Barang Retur.
      5. Kamu akan diminta meretur barang dengan mengirimkannya kembali lewat kurir. Lalu kamu akan diminta memasukkan nomor resi dan kurir yang kamu gunakan.
      6. Pilih Konfirmasi Pengiriman.
      7. Setelah barang sampai ke penjual dan penjual mengkonfirmasi, maka penjual akan mengirim kamu kembali barang yang baru
      8. Jika barang sampai, pilih Konfirmasi Barang Pesanan.
 Kembali

Cara memberi solusi pada keluhan pembeli

  1. Solusi Retur Barang dan Tukar Barang
    1. Pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian.
    2. Lalu pilih Keluhan di menu sebelah kiri pada tab toko.
    3. Lihat list keluhan lalu pilih solusi yang ingin dilakukan yaitu Tukar Barang atau Pengembalian Dana.
    4. Lalu pilih Konfirmasi Retur.
    5. Pembeli akan melakukan pengembalian barang, setelah barang sampai lalu pilih Konfirmasi Barang Sampai.
    6. Selanjutnya kamu harus mengirim barang yang baru kepada pembeli. Langkah akan kembali seperti awal saat pesanan masuk. Bedanya ada pada nomor Invoice. Pilih tab Penjualan.
    7. Pilih pesanan lalu pilih Terima Pesanan lalu pilih Konfirmasi Pesanan.
    8. Pilih Cetak Invoice jika kamu ingin mencetak invoice atau pilih Cetak Label Alamat jika kamu ingin mencetak label alamat pengiriman, atau pilih Lanjutkan jika sudah selesai.
    9. Setelah kamu mengirim barang lewat kurir yang dipilih, kamu harus mengkonfirmasi pengiriman dan memasukkan resi pengirimin di tab Lacak Pengiriman. Masukkan resi lalu pilih Konfirmasi Pengiriman.
  2. Solusi Retur dan Pengembalian Dana
    1. Pilih menu profile di bagian atas lalu pilih Pembelian.
    2. Lalu pilih Keluhan di menu sebelah kiri pada tab toko.
    3. Lihat list keluhan lalu pilih solusi yang ingin dilakukan yaitu Tukar Barang atau Pengembalian Dana.
    4. Lalu pilih Konfirmasi Retur.
    5. Pembeli akan melakukan pengembalian barang, setelah barang sampai lalu pilih Proses Pengembalian Barang.
    6. Lalu pilih Konfirmasi Barang Sampai. Jika kamu sudah mengkonfirmasi, maka dana akan dikembalikan kepada pembeli.
 Kembali
Hubungi Kami
Kami di sini untukmu dan bersedia menjawab pertanyaan dan mendengarkan kritik serta saran darimu.
Silahkan isi form di bawah ini untuk menghubungi kami.