Pengertian Transistor

Transistor, Apa Itu?

Transistor merupakan salah satu komponen elektronik yang banyak digunakan dan memang banyak difungsikan. Banyak orang yang bertanya apa itu transistor dan memang tidak mengerti bagaimana bentuk, fungsi, dan lain sebagainya dari transistor itu.

Transistor ini memiliki fungsi yang cukup banyak dalam dunia kelistrikan. Dan sebenarnya jika kalian sadar, transistor ini banyak digunakan pada barang-barang yang biasa kalian gunakan sehari-hari.

Jadi apa itu Transistor? Berikut ulasannya!

Pengertian Transistor

Pengertian Transistor

Pengertian Transistor

Transistor merupakan sebuah komponen elektronik yang sering kali digunaka untuk penguat, digunakan sebagai penyambung, sirkuit pemutus, modulasi sinyal, digunakan juga sebagai stabilitas tegangan dan masih banyak lagi.

Transistor sendiri memiliki fungsi sebagai kran listrik yang dimana ya berdasar dengan tegangan inputnya. Hal tersebut dapat memungkinkan sebuah pengalihan listrik yang telah akurat dan tentunya telah berasal dari sumber listrik.

Fungsi Transistor

Terdapat beberapa fungsi Transistor yang harus kalian ketahui. Berikut ini fungsi-fungsinya :
1. Transistor digunakan sebagai penguat arus
Transistor biasanya digunakan sebagai penguat arus karena, ia memiliki sebuah fungsi yang dapat digunakan sebagai rangkaian sebuah power supply tentunya juga telah menggunakan tegangan yang sudah di setting terlebih dahulu.

Jika transistor digunakan sebagai fungsi penguat maka ia harus membias tegangan yang contact sesuai basisnya. Agar dapat mengeluarkan tegangan yang masih tetap. Umumnya agar dapat tetap digunakan oleh diode zener.
2. Transistor digunakan sebagai sakelar elektronik
Biasanya, hal ini dilakukan yaitu dengan cara mengatur sebuah bias dari transistor sampai dengan yang telah jenuh dan dapat sebuah hubungan singkat antara kaki konektor dan emitor.

Hal ini juga harus memanfaatkan kejadian, maka dengan itu pula transistor bisa kalian gunakan sebagai sebuah sakelar. Jenis ini juga bisa kalian gunakan sebagai penguat sinyal AC.

Dari berbagai banyaknya sebuah tipe-tipe transistor yang telah ada, awalnya dulu hanya terdapat 2 tipe yang masih dasar yaitu, BJT (transistor bipolar) dan juga FET (Field Effect Transistor) yang memiliki cara kerja berbeda-beda.

Baca Juga : Aplikasi Metro Opinion Survey Berbayar

Jadi apakah kalian sudah mengerti fungsi dan juga pengertian dari Transistor tersebut? Kalian pun ahrus berhati-hati sebelum kalian menggunakan transistor tersebut.

Baca Juga : Game Offline Terbaik

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Transistor. Semoga informasi yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi kalian para pembaca.

Terima kasih sudah berkunjung!

Default image
admin
Articles: 342

Physical Address

304 North Cardinal St.
Dorchester Center, MA 02124